bisakah orang mengerti bahwa kita hanyalah anak-anak

Bisakah orang mengerti bahwa kita hanyalah anak-anak? Anak-anak benar-benar tidak tahu akan dijadikan seperti apa mereka nanti. Apakah ia pemurung, pendiam, cerewet, ataukah ceria: anak-anak tidak tahu bahwa mereka akan dijadikan demikian
Kita tidak tahu seperti apa orang lain dibesarkan dan potensi watak apa yang mereka bawa. Kita tidak tahu penyebab seseorang begitu gemar berteman dan kita tidak tahu mengapa ada orang yang kurang pintar berinteraksi. Kita tidak pernah tahu setiap detil sesuatu yang diterima seseorang sebagai kenyataannya dan kita tidak pernah tahu persis perasaan seseorang menanggapi kenyataannya tersebut.
Kita tidak tahu bagaimana menjadi orang yang kita anggap berbeda dengan kita. Kita tidak tahu seberapa hatinya bahagia atau iri melihat kita. Kita tidak tahu apakah ia nyaman dengan keadaannya ataukah tidak.
Bagaimana bisa kita menganggap orang yang berbeda itu memang berbeda dengan kita? Kita sebenarnya sama saja—kita sama-sama tidak tahu apa-apa. Kita sama-sama berbeda, itulah kesamaan kita.
Kita sama-sama anak-anak. Kita tidak bisa memilih di lingkungan seperti apa kita akan dibesarkan. Kita tidak tahu apakah tempat kita membuat kita menjadi baik ataukah tidak. Kita tidak tahu apa pun itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s