Dalam Nama Tuhan, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Umatnya mengeluh, mempertanyakan, menyangkal. Mereka memohon, mengiba, menjilat. Tapi sebagian dari mereka ahli bersyukur dan sembahyang.

Segala itu memang berdasarkan persetujuan eksplisit darinya. Tidak ada yang bekerja di luar kuasanya. Dialah Maha dari yang maha. Dialah yang Satu dan Semua.

Apapun yang kau rasa, berserahlah. Dialah yang Memberi dan Mengambil. Dialah Pencipta Tunggal. Di dalam agamanya, umat yang sedang menghadap kubik tidak sedang menyembah kubik; umat yang sedang bersimpuh menatap patung tidak sedang menyembah patung.

Kini tidak ada nabi atau seorang saint, namun Dia selalu ada. Tidak ada petunjuk kecuali darinya. Tidaklah kau bersekutu, karena Dia tidak berteman. Dialah yang Sendiri. Tidak ada apapun yang dapat menyamainya.

Di dalam keseharian, kau sering bertanya padanya. Apa yang kau ragu, yakinlah. Dialah yang Benar. Dialah Kebenaran. Keselamatan hanyalah bagimu yang yakin padanya. Dialah pemilik surga dan neraka dan yang berada di antaranya. Dialah Yang Mengampuni dan Menghukum. Tidak ada satupun yang luput dari perhitungannya.

Dialah Tuhan seluruh alam. Dari dan padanya kau berasal dan kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s